Featured

Mau Qurban Setiap Tahunnya? Ikuti 3 Cara Efektif Menabung Qurban

Hari Raya Idul Adha identik dengan membeli hewan qurban, agar Anda bisa membeli hewan qurban setiap tahunnya dibutuhkan cara untuk menabung untuk qurban.

Setelah merayakan Idul Fitri beberapa waktu yang lalu, kini umat muslim akan kembali merayakan Hari Raya Idul Adha atau dikenal dengan hari Raya Qurban. Berqurban sendiri merupakan ibadah yang diharuskan bagi mereka yang mampu, tetapi bukan berarti Anda harus kaya raya dahulu untuk bisa berqurban.

Berqurban bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan Anda memiliki niat yang tulus dalam melakukan ibadah qurban tersebut. Ditengah-tengah perekonomian yang semakin meningkat, tentunya harga pun semakin mahal. Tidak terkecuali dengan hewan qurban dengan harga yang semakin mahal, setiap tahunnya harga hewan qurban semakin meningkat. Untuk mensiasati membeli hewan qurban, ada baiknya Anda mengikuti 3 cara efektif menabung untuk membeli hewan qurban. Ini dia caranya:

  • Cicil Tiap Bulan

Cara menabung untuk qurban yang pertama adalah dengan cara mencicil setiap bulannya, dengan cara mencicil setiap bulan maka Anda tidak akan merasa berat ketika membeli hewan qurban. Hal ini sama saja seperti Anda sedang melakukan kredit motor, yang wajib Anda bayarkan setiap bulannya. Besaran dari cicilan yang perlu Anda sisihkan adalah sebesar harga prediksi hewan qurban ditahun depan, dibagi 10 atau 11 bulan.

Misalnya, harga kambing saat ini Rp. 2,000,000 dengan prediksi kenaikan ditahun depan sebesar 15%. Maka bisa diperkirakan bahwa harga kambing dengan ukuran sedang, diperkirakan memiliki harga Rp. 2,300,000. Nah, jika sudah begini Anda bisa membagi 10 bulan dengan mencicil sebesar Rp. 230,000/ per bulan.

  • Mengikuti Arisan

Cara menabung untuk qurban selanjutnya adalah mengikuti arisan, jika sanak saudara atau teman Anda mengadakan arisan maka tidak ada salahnya untuk Anda ikuti. Cara seperti ini bisa saja Anda lakukan, sebab sistem arisan mewajibkan Anda membayarkan sejumlah uang setiap bulannya hingga waktu yang sudah disepakati.

Ketika Anda hendak mengikuti arisan ada baiknya Anda pahami dahulu bagaimana sistem pembayarannya, jumlah peserta arisan, dan juga berapa lama arisan tersebut akan berlangsung. Jangan sampai Anda merasa dibohongi ketika mengikuti arisan tersebut.

  • Menabung Dengan Emas

Cara menabung untuk qurban berikutnya, adalah dengan cara menabung dengan membeli perhiasan atau emas. Jika Anda sulit untuk menabung dengan menyisihkan uang Anda, tidak ada salahnya untuk Anda mencoba menabung dengan cara membeli emas atau perhiasan. Selain bisa menyalurkan hobi Anda dalam membeli perhiasan, hal ini juga bisa menguntungkan Anda dalam segi berinvestasi.

Cara menabung untuk qurban yang satu ini dapat dijadikan alternative Anda, dimana harga emas terbilang cukup stabil dan bahkan menguntungkan. Dibandingkan Anda menabung di Bank, yang memiliki resiko terpakai oleh Anda.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk Anda, ketika Anda memang sudah benar-benar niat untuk membeli hewan qurban. 3 cara menabung untuk qurban diatas, bisa Anda jadikan Alternatif dalam mengumpulkan uang membeli hewan qurban.

Toilet Kantor

toilet-kantor
Sumber foto: http://www.cuteabis.com

Hari ini seperti biasa gue pulang larut malam, karena hujan yang tak kunjung reda. Ditambah lagi kerjaan gue yang masih banyak, dan harus selesai besok pagi. Akhirnya gue terpaksa harus menyelesaikan kerjaan gue dulu, sambil nunggu hujan reda.

Kantor gue terletak didaerah kuningan, salah satu gedung tua yang nampaknya belum pernah ada renovasi. Selain gedung yang memang belum di renovasi, interior kantor gue pun sama vintagenya. Katanya sih ruangan kantor gue mau ada renovasi, biar keliatan fresh dan trendi. Tapi kata temen kantor gue yang udah lebih lama kerja disini, renovasi ruangan hanya sebuah wacana yang belum juga teralisasi. ya udah lah ya urusan rumah tangga perusahaan itu sih..

Lupakan masalah renovasi ruangan~

Saat itu tepat pukul 19.00 wib di hari rabu, bulan september. Gue masih duduk manis di dalam ruangan, sambil ngetik kerjaan gue untuk bahan presentasi besok. Waktu itu gue di ruangan sendirian, soalnya temen gue udah pada balik tinggal tersisa gue dan anak IT di ruangan sebelah. Sebagai gambaran, ruangan kantor gue bisa dibilang kaya kos-kosan yang terdiri dari beberapa ruangan dan sekat-sekat.

Meskipun gue duduk sendiri di dalam ruangan kantor, gue tidak merasakan hal yang aneh dan mencekam. Hingga akhirnya gue harus ke toilet karena harus buang air kecil, lorong ruangan udah gelap dan sepi. Sangking sepinya, ketika lo jalan suara gema langkah kaki lo kedengeran sama kuping lo sendiri.

Di lorong ruangan gue masih ga merasakan apa-apa, seperti biasa gue jalan dengan santai. Sesampainya di toilet, gue masuk ga ada satu orang pun. Toilet kantor gue untuk ruangan cewe terdiri dari 3 skat, saat itu gue masuk ke bagian 1 yang ada di pojok kiri. Seperti biasa setelah pipis gue ambil tisu, dan gue buang ke tempat sampah.

Sayangnya tisu yang gue buang ga masuk ke tempat sampah, sambil nada kesel gue bilang “yaileh ga masuk lagi”. Sambil benerin celana, tiba-tiba ada kaki yang nendang tisu gue. Sontak gue kaget dan gue bilang “makasih mba”, tapi ga ada balasan jawaban dari cewe yang nendang tisu gue dengan kaki.

Akhirnya gue keluar dari skat toilet, dan gue dapatin ga ada satu orang pun disana. Karena, semua pintu terbuka dan ga ada tanda satu orang pun disana. Aneh sih menurut gue, pertama ga ada suara flush kalo emang lo masuk toilet. Okelah positif thinking aja, mungkin si mba cuma cuci tangan atau ngaca. Tapi gue juga ga denger ada suara keran dibuka dan ga ada bunyi pintu ke buka atau ke tutup.

Huft… Ackward. Sambil nahan takut, gue akhirnya balik ke ruangan. Gue liat disana masih ada anak IT lagi pada main laptop, berasa lega sih liatnya. Akhirnya gue menenangkan diri dan balik lagi kerja, ga lama kemudian salah satu anak IT ada yang ke ruangan gue. Nanya gue “mau balik jam berapa lo? gue udah mau balik nih!”.

Spontan gue bilang “Lo balik, gue ikutan balik ah”. Akhirnya gue balik bareng sama anak-anak IT dan mereka sempet tanya “Ko muka lo pucet sih, kenapa?. Ditanya kaya gitu gue langsung cerita aja, kalo tadi gue ketemu sama penghuni toilet.

Mereka malah nanya “Cakep ga?” yaileh denger ledekan mereka gue malah ngerasa lagi halu pas di toilet tadi. Tapi gue malah jadi beneran mempertanyakan, yang tadi gue liat itu apa?

Bersambung…

Kuliner Berwarna Hitam yang Nikmat

burger-hitam
Source by www.getscoop.com

Makanan hitam kini menjadi tren, ditambah lagi dengan rasa yang nikmat. Jika biasanya hitam dikaitkan dengan masakan gosong, tapi tidak untuk makanan ini.

Tak hanya sayuran dan buah yang memiliki warna-warni pada tampilannya, tetai saat ini banyak sekali makanan yang dibuat dengan warna-warna cantik menggugah selera. Kini warna hitam pun menjadi tren dikalangan kuliner, berbagai menu hidangan pun disulap menjadi warna hitam. Penggunaan warna hitam tidak lah berasal dari pewarna sintetis atau bahkan dihasilkan oleh makanan yang sudah kadaluarsa, tetapi ini merupakan kreasi dari masing-masing pencipta kuliner. Berikut kami rangkum 5 menu hidangan berwarna hitam dengan rasa yang lezat wajib anda cicipi.

  1. Mi item Aglio Olio – Mitem

Menu perpaduan antara kuliner eropa dengan citarasa lokal, dimana Aglio Olio yang dihidangkan tidak menggunakan pasta dipadu dengan bumbu yang sedikit pedas sehingga menambah kenikmatan hidangan ini. selain itu warna hitamnya membuat hidangan ini begitu unik untuk dicoba.

  1. Salmon Tagliatelle – Pepenero

Pasta yang terbuat dari tinta cumi yang menghasilkan warna hitam, menjadikan hidangan ini begitu digemari oleh para tamu yang berkunjung ke resto Pepenero. Walaupun terbuat dari campuran tinta cumi, hidangan ini tidak membuat mual orang yang memakannya alhasil menu ini selalu dipesan.

  1. O.G (Dudes of Gourmet)

Hot dog berwarna hitam ini memiliki rasa yang istimewa, dilihat dari rotinya saja sudah berbeda dengan hot dog yang biasa kita temui. Warna hitam yang dihasilkan, terbuat dari olahan wijen hitam yang dicampur dengan beberapa bahan lainnya. Sedangkan sosisnya memiliki rasa yang gurih yang dipadu dengan rasa manis dari caramize onion dan rasa mustard yang sedikit asam diracik sendiri oleh tim D.O.G.

  1. Mabro

Martabak berwarna hitam ini merupakan perpaduan antara resep kue brownis yang diolah seperti martabak manis. Nama mabro kepanjangan dari Martabak Brownis, berbagai topping pun disajikan pada mabro. Rasa yang dihasilkan martabak ini tentu saja manis, gurih dan nikmat.

  1. Blacklisted Burger – Blacklisted Coffee

Berwarna hitam bun yang terbuat dari campuran arang ini terasa lembut ketika digigit, apa lagi ditambah dengan beef patty yang juicy dan keju mozzarella yang meleleh membuat berger ini begitu di gandrungi para pecinta Burger.

Bagaimana tertarik untuk mencobanya? Semua makanan tersebut tentunya memiliki rasa yang lezat, meskipun tampilannya berwarna hitam. Tidak perlu khawatir dari warnanya, sebab semua warna hitam tersebut, terbuat dari bahan-bahan alami.

Ada yang terbuat dari tinta cumi, ada juga dari pewarna makanan lainnya yang pasti kamu akan merasa ketagihan ketika mencicipinya. Jadi tunggu apa lagi? Cepat dapatkan semua makanan hitam tersebut, jangan sampai engga yah!

6 Tipe Boss yang Wajib Kamu Ketahui

boss

Setelah lulus sekolah tentunya kamu akan merasakan bekerja disebuah perusahaan, apapun jurusan sekolah atau kuliah kamu. Itu tidak menjadi patokan kamu akan bekerja dimana, karena di zaman sekarang ini bekerja sesuai dengan jurusan sekolah atau kuliah kamu. Merupakan sesuatu yang langka, tapi bukan berarti itu tidak mungkin loh.

Nah, ketika kamu memasuki dunia kerja. Kamu akan bertemu dengan banyak orang baru, mulai dari teman baru, kenalan baru, boss baru, peraturan baru, bahkan suasana baru. Kantor merupakan salah satu tempat belajar kamu yang baru, tapi bedanya disini kamu belajarnya sambil digaji. Enak kan? Berbicara mengenai boss, memiliki banyak tipe yang wajib kamu ketahui. Terdapat 6 jenis tipe boss yang harus dan wajib bahkan kamu sadari, ini dia daftarnya:

Boss Tipe Pemarah

Diurutan pertama kamu harus tahu jenis tipe pemarah seperti ini, jadi tipe boss seperti ini kerjaannya hanya marah-marah terus. Mulai dari hal kecil sampai dengan hal yang luar biasa, hebatnya boss seperti ini memiliki kekuatan lebih ketika ia marah dan biasanya akan semakin meningkat kekuatannya ketika ia semakin marah.

Kebanyakan dari boss jenis ini adalah perempuan dalam kamusnya “wanita selalu benar”, dan rata-rata boss perempuan yang suka marah tergolong wanita karir yang mementingkan pekerjaan dengan kata lain jomblo atau pratu (perawan tua). Ups… tapi ga Cuma perempuan yang suka marah-marah, ada juga boss cowo yang suka marah-marah dan biasanya boss ini memiliki penyakit darah tinggi.

Nah, untuk kamu yang punya tipe boss kaya gini saran dari gue adalah sabar. Selain itu solusi berikutnya adalah berdoa, karena doa orang yang teraniaya akan terkabul. Solusi ketiga adalah cariin jodoh biar si boss berhenti untuk marah, atau mungkin lo kasih obat penurun darah tinggi.

Boss Tipe Pendiam

Jenis boss tipe pendiam, kebalikannya dari tipe boss pemarah. Kalo lo nemuin boss macem gini, bakalan susah untuk nebaknya. Karena si boss kerjaannya diam aja, mau suka ataupun engga si boss akan teguh pada pendiriannya yaitu diam.

Nah, yang repot ketika lo lagi minta saran atau masukan dari jenis tipe boss ini. Karena dia ga akan bisa membantu lo banyak, yang ada dia hanya diam aja. Terkadang gue juga ga habis pikir sih sama jenis boss kaya gini, mungkin dalam benaknya dia berbicara hanya dari hati ke hati dan anak buahnya ga tau apa yang ada di hati si boss itu.

Saran dari gue untuk ngadepin boss jenis ini, ialah lo pas ketemu sama dia juga diam aja. Kalo di ibaratkan boss kaya gini adalah limbad, dan lo sebagai anak buah ibarat burung hantunya yang akhirnya sekarang mati. Lah..

Tipe Boss Motivator

Layaknya Mario Tegus sang motivator nasional yang sekarang makin ngehitz aja, tipe boss ini selalu suka menasehati dan memotivasi anak buahnya. Bahkan ketika meeting si boss tidak segan-segan untuk memotivasi anak buahnya, untuk bergerak lebih maju dan lebih bersemangat lagi bekerja.

Enaknya dari tipe boss kaya gini paling enak diajak untuk bertukar pikiran, tapi ga enaknya adalah jenis tipe ini paling suka banget sama ngobrol yang ada ketika lo mulai ngobrol sama dia. Kerjaan lo ga akan kelar, karena susah untuk menstop si boss untuk berhenti ngajakin lo ngobrol.

Tipe Boss Penjilat

Entah dari mana nama ini mulai terkenal, tipe boss penjilat seperti ini harusnya tidak bisa menjadi boss. Karena dia ga punya keahlian lainnya selain menjilat, apalagi urusan kerjaan dia ga punya kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Biasanya tipe boss seperti ini akan mencari muka saja didepan atas yaitu level paling tinggi, misalnya directur atau owner. Tipe boss seperti ini akan selalu menyuruh bawahannya saja untuk menyelesaikan semua pekerjaannya, tapi ketika pekerjaan lo salah ia akan langsung menunjuk bahwa lo pelakunya karena ia tidak akan mau disalahkan. Alias akan selalu cuci tangan, agar tetap mendapatkan simpatik dari boss besar..

Tipe Boss Yesterday Evening (anak kemarin sore)

Tipe boss yesterday evening alias anak kemarin sore, memiliki tipe gaya boosy. Biasanya boss kaya gini akan mudah tersinggung, merasa serba tahu, sok tahu dan yang parah adalah mudah dipengaruhi. Tipe boss ini penggabungan dari tipe boss pemarah, dan penjilat. Lo ga akan bisa berkutik ketika sudah berurusan sama tipe boss ini, sepintar dan sebenar apapun lo ketika berhadapan dengan jenis tipe ini. Lo akan selalu salah, kecuali lo bisa mengambil hatinya

Untuk dapat mengambil hati tipe boss ini adalah ia sangat suka dipuji, dan ia akan suka ketika Anda tidak membantahnya. Hati-hati ketika berurusan dengan tipe ini, sebab dia akan membawa emosi kedalam masalah pribadi tidak dalam kapasitas professional.

Tipe Boss Pemimpin

Nah, paling enak ketika lo dapat atasan model begini. Boss tipe ini selalu mengajak anak buahnya untuk berkembang bersama, dia bukan seperti boss pada umumnya. Karena boss tipe ini tidak akan menyuruh anak buahnya untuk lebih baik, tetapi ia akan membangun anak buahnya untuk besar bersama.

Tipe boss kaya gini sadar betul dengan tim work, dan dia tidak akan menumbalkan anak buahnya ketika terjadi kesalah, bahkan ketika anak buahnya salah. Ia akan bertanggung jawab akan semua kesalahan dari anak buahnya, jika memang benar-benar ada kesalahan ia akan menanyakan kendala dari anak buahnya tersebut. Intinya tipe boss seperti ini lebih mengayomi anak buahnya

Sebenarnya masih banyak lagi tipe boss yang harus lo ketahui, dengan berbagai macam keunikan dan keanehan masing-masing. Tapi intinya sih ketika lo mulai kerja, meskipun boss lo ga asik dan kadang menyebalkan. Lo harus tetap bersemangat untuk kerja, biar bagaimana pun lo masih butuh uang kan untuk keperluan hidup lo masing-masing. Jadi semangad!